Minggu, 26 Agustus 2012

Apa Saja Fungsi Kaki pada Belalang?

Kalian pasti pernah melihat belalang..!! Kalau kalian perhatikan, belalang memiliki 3 pasang kaki di tubuhnya, yaitu kaki depan, kaki tengah, dan kaki belakang. Kaki belakang pada belalang memiliki ukuran yang berbeda dari kedua pasang kaki yang lain. Kaki ini berukuran lebih besar, lebih panjang, dan lebih kuat. Tahukah kalian, mengapa begitu.

Ternyata, kaki belakang ini sangat berguna bagi belalang saat ia melompat jauh. Tahukah kalian bahwa dengan sekali melompat, makhluk kecil ini dapat mencapai jarak sekitar 1,5 meter. Dan, lompat ini akan bertambah jauh lagi saat melompat ia mengepakkan sayapnya. Pada saat itu, belalang seakan terbang di udara.

Belalang akan melompat jika ia ingin berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Ketika akan melompat, belalang akan menarik kaki belakangnyakedepan, kemudia dengan kekuatan penuh dan cepat, kedua kaki yang besar dan panjang itu di hentakkan ke belakang. Dan, huup! Belalang pun melesat ke udara dan hinggap jauh dari tempat semula. Belalang akan menggunakan jurus lompatnya ini manakala ia terancam oleh musuh. Dengan begitu, belalang dapat segera menghindar dari sang musuh yang berusaha mendekat.

Oh ya, ada satu lagi kegunaan dari kaki belalang. Yaitu, dengan kakinya yang besar dan panjang itu, belalang bisa berenang di air. Bahkan, ia dapat berenag dengan cepat. Karena itulah, belalang termasuk salah satu perenang yang baik di kalangan serangga.

1 komentar: