Minggu, 26 Agustus 2012

Benarkah Kuda Bisa Tidur dengan Berdiri?


Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan binatang yang satu ini, kuda. Binatang ini sering digunakan untuk menarik delman atau dokar. Apakah kalian pernah menaikinya? Pernah atau tidak pernah, kalian pasti tahu bahwa kuda memiliki sisi keunikan uang menakjubkan. Di antaranya, kuda bisa tidur sambil berdiri. Kok bisa? Apakah tidak jatuh? Kalian pasti penasaran ingin mengetahuinya bagaiman kuda bisa tidur dengan berdiri tanpa tanpa terjatuh?

Rahasianya ternyata terletak pada tulang kaki kuda. Tulang kaki kuda memiliki kemampuan untuk "mengunci" selama tidur. Berkat kemampuanaya itu, kuda dapat tidur sambil berdiri tanpa terjatuh, dan juga mampu membawa beban berat. 

Kaki kuda diciptakan tidak hanya untuk dapat membawa beban berat, tetapi juga untuk berlari cepat. Tidak seperti binatang-binatang lainnya, kuda tidak memiliki tulang selangka, suatu ciri yang memungkinkan mereka melangkah lebih lebar. Selain itu, terdapat mekanisme pada tulang dan otot kaki mereka yang menurunkan jumlah tenaga yang dikeluarkan ketika mereka berlari semakin cepat dan meningkatkan kemampuan bergerak.

Fungsi mekanisme ini mirip dengan gigi porsneling pada mobil. Seperti mobil yang beralih pada porsneling lebih tinggi ketika semakin kencang, kuda pun beralih pada "porsneling" lebih tinggi jika ingin berlari lebih cepat. Saat tenaga yang diperlukan untuk mendorong menurun, maka kemampuan geraknya meningkat. Menakjubkan sekali. ya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar