Sabtu, 22 Oktober 2011

Apakah Burung Juga Berganti Baju?

Pernahkah kalian berpikir bahwa, sebagaimana manusia, berbagai binatang pun berganti baju. Hanya saja, tentu ganti baju yang dilakukan binatang tidak sama dengan manusia berganti baju. Sebab, baju yang yang di maksud adalah kulit atau bulu-bulu pada binatang.

Ada banyak binatang yang mengganti kulit atau bulunya, termasuk burung, bebek, ular, dan lain-lainnya. Pada burung  misalnya, pergantian bulu sangat sering terjadi. dari waktu ke waktu, burung selalu mengganti bulu-bulunya. Bahkan, selama hidupnya, burung menumbuhkan seluruh seri bulunya, baik bulu-bulu yang halus maupun bulu-bulu yang kasar, dari semenjak burung itu masih bayi sampai dewasa. Karena itu, saat bulu yang lama jatuh, maka bulu yang baru akan tumbuh menggantikannya.

Ada yang istimewa pada pergantian bulu pada sayap burung. Biasanya, pergantian bulu pada sayap burung itu selalu dilakukan secara seimbang antara sayap bagian kanan dan kiri burung. Bulu-bulu tersebut akan diganti secara berpasangan. Artinya, bila bulu pada sayap kanan lepas, maka bulu pada sayap sebelah kirinya juga akan lepas. Karena itulah, burung dapat terus terbang dengan seimbang pada masa ia berganti bulu. Hal itu dapat terjadi karena pergantian bulu terbang (bulu yang kasar) pada burung tersebut tidak dilakukan secara sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar