Sabtu, 22 Oktober 2011

Apakah Ikan Mempunyai Telinga?

Kalian pernah melihat ikan? Pasti pernah, ya. Lalu, pernahkah kalian berpikir apakah ikan bisa mendengar suara? Bukankah ikan tidak memiliki telinga?

Ketahuilah, sebenarnya ikan juga mempunya telinga sebagaiman binatang lainnya. Hanya saja, memang telinga ikan berbeda dengan telinga pada umumnya. Telinga ikan memang tidak terlihat dari luar.

 Jika manusia memiliki telinga luar, tengah dan dalam, ikan hanya memiliki telinga dalam. Telinga ikan terletak di bagian dalam yang tertutup kulit luar kepalanya. Telinga itu berada pada kedua sisi kepala yang tertutp tadi.
Namun, walupun berada di dalam, telinga ikan berfungsi dengan baik. Pendengarannya sangat tajam. Itu sebabnya ikan dapat mendengar suara-suara yang terdengar di sekelilingnya. Karena itu, apabila ada suara-suara yang mengangetkannya, ikan akan segera menyelamaukan dirinya dengan menjuah dari sumber suara itu.

Bagi ikan, suara-suara yang terdengar itu dirasa mengancam keamanan dirinya. karena itu, biasanya akan akan berenang menjau ke dasar air karena ia akan merasa aman berada di sana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar