Jumat, 21 Oktober 2011

Mengapa Gigitan Nyamuk Terasa Gatal?

Kalian pernah digigit nyamuk? Wah, meski kecil sekali, namun kalau sudah menggigit, terasa gatal sekali dan bikit kulit jadi bentol. Ya, bagian tubuh seseorang yang terkena gigitan nyamuk akan terasa gatal. Namun, ketahuilah bahwa tidak semua nyamuk itu akan menggigit, sedang nyamuk jantan tidak. Hal itu disebabkan karena bagian mulut pada nyamuk betina mempunyai beberapa alat penusuk yang tajam. Alat penusuk yang terdapat di sekitar tabung pengisap itulah yang menyebabkan kita akan merasa sedikit sakit bila terkena gigitan nyamuk.
Selain memiliki alat penusuk yang tajam, nyamuk betina juga memiliki cairan beracun pada tubuhnya. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena cairan beracun itu tidaklah berbahaya. racun itu hanya menyebabkan bagian tubuhmu yang terkena gigitan nyamuk akan terasa gatal.

Cairan beracun yang terdapat pada nyamuk betina itu akan masuk ke dalam darah kita pada saat ia menggigit. Itulah sebabnya, selain merasa sedikit sakit saat digigit nyamuk, kita akan merasa gatal. Dan, bila digaruk, maka biasanya bagian tubuh kita akan sedikit membengkak, atau biasa disebut dengan istilah bentol. Untuk itu, kalian hanya perlu menggunakan sedikit obat untuk mengurangi rasa gatal itu, misalnya dengan diolesi minyak kayu putih.

1 komentar: