Senin, 24 Oktober 2011

Bagaimana Ikan Bernafas dalam Air?

Apakah ikan juga bernafas seperti makhluk hidup yang lain? Bagaimana ikan bernafas dalam air? Pertanyaan ini pasti membuat kalian penasaran.


Seperti kita, ikan juga butuh oksigen untuk bernafas. Perbedaannya, kalau manusia mendapatkan oksigen dengan cara menghirup udara melalui paru-paru, ikan bernafas melalui insang. Ikan menghirup oksigen yang banyak terdapat di dalam air.
Cobalah perhatikan ikan saat ia berenang, maka kalian akan melihat ikan-ikan itu membuka dan menutup mulutnya. Pada saat ikan membuka mulutnya, air akan masuk ke dalam. Ketika itu juga, insang akan ditutup oleh penutup insang. Sebaliknya, pada saat ikan menutup mulutnya, penutup insangnya akan terbuka. Nah, pada saat itulah air yang masuk tadi akan keluar melalui insang yang ada di sisi kiri dan kanannya.

Pada saat terbuka dan tertutupnya mulut dan insang itulah terjadinya proses masuknya oksigen ke dalam tubuh ikan. Oksigen akan dilarutkan dalam air dan masuk ke darah ikan. Sisanya, yang berupa gas, akan dikeluarkan melalui insang, begitu seterusnya. Karena itu, bila kalian memelihara ikan, misalnya di akuarium, maka perhatikanlah kecukupan oksigennya, agar ikan tetap hidup dengan baik dan tidak mati. Karena, ikan juga butuh bernafas.

1 komentar:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjugi website kami https://bit.ly/2x65FvF

    BalasHapus